Pages

Kamis, 06 Desember 2012

Pengembangan TIK / ICT Center (Jaringan Pendidikan Nasional) di Sekolah


Seiring dengan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi dalam rangka mengakses berbagai sumber informasi pendidikan disekolah, sangat dituntut kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas, guna memberdayakan berbagai sumber dalam rangka membangun warna pendidikan yang berkualitas
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, guru sangat berperan penting dalam melaksanakan proses belajar-mengajar dikelas terhadap siswa. Bantuan untuk mengembangkan situasi belajar yang dilakukan guru dikelas pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, memperbaiki kemampuan mengajar serta untuk pengembangan kualitas guru.

Seorang guru dalam melaksanakan tugas tersebut menunjukkan kompleknya tugas dan tanggungjawab guru sehingga sangat diperlukan seorang guru yang terampil untuk membawa dan mengarahkan organisasi ke arah yang lebih baik.
Sesuai fungsi dan tugas Dinas Pendidikan yaitu merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis dibidang peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidik. Upaya yang nyata dalam peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan adalah senantiasa menjamin kelancaran proses pembelajaran yang melibatkan guru di sekolah masing-masing.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka dituntut kepada guru agar dapat menguasai teknologi. Karena teknologi dewasa ini berkembang dengan pesat. Hal ini menuntut penyesuaian dari berbagai bidang dalam dunia pendidikan, karena tanpa adanya penyesuaian pendidikan di Indonesia akan selalu tertinggal dibandingkan dengan negara berkembang lainnya.

Salah  satu faktor utama yang menentukan kualitas pendidikan adalah media pendidikan. Internet merupakan salah satu media pendidikan untuk mengakses informasi dan komunikasi. Saat ini perangkat pengadaan internet masih terasa mahal. Untuk itu pengembangan ICT / TIK di sekolah menjadi solusi bagi akses informasi dalam dunia pendidikan yang dapat di jangkau oleh masyarakat pendidikan sendiri.

Tujuan ICT :
-         Mengakses data pendidikan
-         Agar guru lebih memahami pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui TIK / ICT.
-         Agar dapat memanfaatkan ICT untuk berkomunikasi.
-         Untuk melakukan pengembangan teknik-teknik pengolahan TIK / ICT guna meningkatkan kualitas pendidikan.
-         Agar guru dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan melalui media pembelajaran ICT Center

baca lebih lanjut disini

0 komentar:

Posting Komentar